Update, Dampak Positif Mengikuti Kontes Seo Bagi Blogger Pemula

Dampak Positif Mengikuti Kontes Seo Bagi Blogger Pemula - Kontes seo adalah sebuah ajang perlombaan untuk memperebutkan posisi terbaik di serp (Search Engine Result Page). Kontes seo biasanya diikuti oleh berbagai ahli seo yang sudah senior dan berpengalaman. Akan tetapi, ada juga pemula yang baru terjun ke dunia seo sudah berani mengikuti perlombaan semacam ini, contohnya saya hehe.

Yups, beberapa hari ke belakang saya iseng mencoba mengikuti sebuah kontes seo yang diadakan oleh layanan safelink bernama safelinkblogger.com. Tema kali ini adalah menulis dan mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan safelink. Sistem penilainnya sama seperti kontes seo kebanyakan yakni, artikel yang berada di posisi serp terbaik dengan keyword "safelinkblogger.com" maka dialah pemenangnya.

Lalu sayapun mulai menulis artikel mengenai 'safelink' tersebut dengan jumlah kata yang jika dihitung mencapai 2000 kata. Sungguh, ini adalah pertama kalinya saya menulis sebuah artikel dengan jumlah kata yang sangat panjang. Biasanya tidak sepanjang itu, palingan cuma 500an kata aja.

Buat yang penasaran seperti apa artikel tersebut, sobat bisa membacanya di artikel saya yang berjudul Safelinkblogger.com, Aplikasi Safelink Penghasil Uang untuk Blogger dan Menghasilkan Uang Secara Online dengan Pemendek URL

Setelah beberapa hari saya menulis artikel 2000 kata tersebut, akhirnya situs saya pun berhasil muncul di page one pencarian google.co.id dan berada diurutan ke 5. Tentunya saya sangat bangga, karena ini merupakah sebuah pencapaian yang sangat luar biasa.

Namun, hal tersebut tidak bertahan cukup lama karena situs saya terpaksa harus bergeser hingga berada di halaman ii urutan ke 13. 
Sungguh sangat disayangkan bukan? Namun setidaknya saya mendapatkan pelajaran berharga berupa beberapa hal. Dan berikut ini adalah hal-hal yang saya dapatkan setelah mengikuti kontes seo. 

Dampak Positif Mengikuti Kontes Seo Bagi Blogger Pemula

1. Seo itu tidak mudah namun tidak juga sulit

Bagi sobat yang merasa seo itu sulit, cobalah untuk mengikuti sebuah ajang kontes seo. Di sini sobat akan mengerti bahwa seo itu sebetulnya sangat simpel. Sesimpel berjalan menggunakan kedua kaki. 

Namun, seo itu tidak sesimpel yang saya bilang barusan. Yang membuat seo itu sulit adalah adanya kompetitor atau pesaing yang sama-sama ingin menduduki posisi terbaik di serp dengan keyword yang kita bidik. Apalagi jika situs yang menjadi pesaing kita adalah situs yang sudah berkali-kali menjuarai kontes seo seperti ini.

Tentulah akan membuat peluang kita menang akan sangat kecil sekali. 

Bisa sobat lihat kalau situs yang saya perlombakan ini adalah situs yang masih baru dan masih menggunakan subdomain blogspot. Jadi wajar saja jika situs ini sangat rentan sekali tergeser oleh kompetitor dengan bidikan keyword yang sama dengan kita.

2. Mempertahankan jauh lebih sulit dari mendapatkan

Pepatah yang berbunyi "mempertahankan jauh lebih sulit daripada mendapatkan" memang benar adanya. Kata-kata ini tidak hanya berlaku untuk hubungan manusia dengan manusia saja, karena ternyata berlaku juga di dunia per-SEO-an. 

Seperti yang sudah saya katakan di atas kalau situs saya berhasil muncul di halaman one urutan ke-5 dengan tidak melakukan optimasi apapun. Namun, hal itu tidak bertahan cukup lama, karena ketidakmampuan saya dalam 'mempertahakan' maka terpaksa situs saya harus tergeser ke halaman 2. 

Jadi, pelajaran yang bisa kita ambil dalam masalah ini adalah; cobalah untuk belajar mempertahankan apa yang sudah kita raih selama ini. Karena, akan selalu ada orang yang siap menggantikan posisi kita jika kita tidak melakukan segala perbaikan dan perubahan.

"mempertahankan jauh lebih sulit daripada mendapatkan" memang benar adanya!

3. Menulis artikel dengan jumlah kata yang banyak sangat berpotensi muncul di halaman 1

Seperti yang sudah saya katakan barusan bahwa saya menulis artikel berjudul Safelinkblogger.com, Aplikasi Safelink Penghasil Uang untuk Blogger dengan jumlah kata mencapai 2000 kata. Dan tanpa disangka-sangka, artikel tersebut berhasil muncul di halaman one pencarian google.co.id.

Nah buat sobat yang selama ini merasa kesulitan memunculkan situsnya di halaman one google, cobalah untuk menulis suatu artikel dengan jumlah kata yang banyak. Minimal G kata. 

Dengan dibarengi kualitas, Insya Allah situs sobat secara perlahan akan muncul di page one dan akan mendapatkan banyak pengunjung. 

Ingat! Harus dibarengi dengan kualitas. Kualitas di sini berarti artikel yang sobat tulis jauh lebih lengkap dan lebih berbobot dibanding artikel sejenis yang telah lebih dulu berada di halaman one google dengan keyword yang sedang kita bidik.

Namun, perlu sobat ingat kembali baik-baik pepatah "mempertahankan jauh lebih sulit daripada mendapatkan". Sebab, kita tidak akan tau seperti apa kompetitor yang akan menyaingi kita kedepannya. Akankah jauh lebih sulit atau malah sebaliknya? 

Kesimpulan

Yups itulah beberapa hal yang bisa saya sampaikan setelah beberapa hari mengikuti ajang kontes seo. Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah teruslah membuat artikel yang lebih berkualitas. Karena kualitas akan mengalahkan segalanya:D

Apabila ada yang ingin menambahkan, silahkan berkomentar melalui kolom komentar di bawah. 

Dan yang terpenting 

"Teruslah bernapas" - Jack Kahuna Laguna 

Comments

Popular posts from this blog

Update, Download 10+ Peel Bussid / Jitney Simulator Indonesia Keren

Update, Cara Membuat Desain Stempel Dengan Corel Depict Untuk Pemula

Update, Kode Warna Html Lengkap Sum Color