Update, Five Ide Usaha Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa

5 Ide Usaha Sampingan yang Cocok Bagi Mahasiswa - Bagi sobat yang kebetulan adalah seorang mahasiswa, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba dan mempelajari berbagai macam bisnis, baik bisnis online maupun bisnis di dunia nyata.
Mumpung masih muda sob :D
Selain bisa menambah uang saku, sobatpun akan mendapatkan pengalaman baru saat menjalankan sebuah usaha sampingan. Dan tentunya pengalaman yang sobat dapatkan akan sangat bermanfaat untuk kedepannya.
Bukankah sebaik-baiknya guru adalah Pengalaman ?
Terlepas dari itu semua, sebetulnya ada banyak sekali ide bisnis/usaha yang cocok dikerjakan oleh mahasiswa. Tetapi beberapa ide bisnis tersebut biasanya memerlukan biaya dan waktu pengerjaan yang tidak sedikit.

Dan seperti yang kita tau kalau jadwal yang dimiliki mahasiswa itu padat, jika ditambah dengan bisnis yang notabene menguras banyak waktu, dikhawatirkan hal itu akan mengganggu tugas kuliah nantinya.

Oleh karenanya, bisa disimpulkan bahwa bisnis yang cocok dikerjakan oleh mahasiswa adalah "bisnis yang tidak memakan banyak waktu dan dengan modal yang kecil".

Mungkin sobat akan bertanya dalam hati :
Loh memangnya ada ya bisnis yang tidak menguras banyak waktu dengan modal kecil ? Kalau ada, mungkin hasilnya hanya sedikit, atau jangan-jangan penipuan ? MLM ?
Tenang sob tenang. Beberapa ide usaha/bisnis yang saya tulis di sini, beberapa di antaranya adalah hasil pengamatan saya dan tentunya sudah saya coba sendiri. Jadi, ide usaha sampingan ini murni berdasarkan pengalaman saya, oke?

Untuk masalah hasil saya rasa itu bergantung pada cara kita menjalankan usahanya. Jika dilakukan dengan niat dan sungguh-sungguh, insya Allah akan membuahkan hasil yang bagus.

Bagi sobat yang sudah tidak sabar ingin mengetahui bisnis apa saja yang cocok dilakukan oleh anak kuliahan, berikut adalah daftarnya.

  1. Menjadi Youtuber - Modal = Kamera HP + Software editing.
    Usaha sampingan yang cocok untuk mahasiswa, yang pertama adalah menjadi seorang Youtuber.

    Kenapa harus Youtuber ? Alasannya adalah menjadi youtuber itu tidak dikejar waktu. Semua bisa dikerjakan dengan santai sesuai hobi. Dan yang pasti bisa dilakukan di rumah.

    Baca juga : Cara Mendapatkan uang Menggunakan safelinkblogger.com

    Apa itu Youtuber ?
    Pada dasarnya youtuber adalah sebutan untuk orang yang membuat konten/video di youtube.

    Bagaimana cara Youtuber menghasilkan uang ?
    Mereka (para youtuber) mendapatkan uang dari setiap iklan yang muncul di video yang mereka upload ke youtube.

    Dan ternyata penghasilan menjadi seorang youtuberpun bisa dibilang lumayan sob. Supaya tidak dibilang omong kosong, berikut adalah contoh pendapatan channel youtube saya.
    Walaupun tidak terlalu banyak, tapi lumayan sob buat beli tahu.

    Nah, jika sobat berminat ingin menjadi konten kreator/youtuber, silahkan buat video yang benar-benar sesuai dengan fashion, minat, dan bakat sobat.

    Misalnya sobat jago menggambar, maka sobat bisa membuat video cara menggambar hero mobile legend atau apalah.

    Atau sobat hobi memasak, mungkin sobat bisa membuat video cara memasak masakan daerah di Indonesia.

    Atau mungkin sobat lebih tertarik bermain game, nah ini juga bisa sob, asalkan pembawaan nya bisa membuat penonton terhibur. Lebih bagus lagi kalau ada unsur komedi nya.

    Pokoknya buat sebuah video yang memang sobat tertarik ingin membuatnya.
  2. Menjadi Blogger - Modal = PC atau laptop.
    Jika sobat adalah orang yang hobi banget membuat sebuah tulisan, terutama artikel. Mungkin sobat bisa memanfaatkan hobi sobat tersebut dengan membangun sebuah Blog.

    Selain bisa berbagi kepada orang lain melalui tulisan, ternyata ngeblog juga bisa menghasilkan uang sob.

    Bagaimana cara Blogger menghasilkan uang ?
    Sama seperti Youtuber, blogger pun mendapatkan uang dari "iklan" yang ditampilkan di halaman situs yang mereka kelola. Jika ada pembaca weblog yang klik "iklan" tersebut, maka secara otomatis sobat akan mendapatkan bayaran.

    Kenapa harus weblog ?
    Menurut saya, menjadi blogger itu sangat menyenangkan karena tidak memerlukan biaya yang besar. Selain itu, kita bisa menulis artikel kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu dan tempat. Selama ada laptop dan koneksi internet, aktivitas blogging pun bisa berjalan.

    Oleh karenanya, saya rasa ngeblog ini patut dijadikan sebuah usaha sampingan karena tidak akan mengganggu pekerjaan utama. Siapa tau kan, berawal dari iseng eh dapat hadiah. Kan lumayan.
  3. Menjadi Dropshipper / Reseller - Modal = 1 jutaan + laptop atau hp.
    Khusus untuk bisnis dropship, sobat harus mengeluarkan modal sedikitnya 1 juta. Modal tersebut bisa lebih besar atau lebih kecil, tergantung barang yang akan sobat jual.

    Perbedaan dropship dengan reseller biasa adalah, kita (sebagai dropship) mengupload foto barangnya dulu (misalnya hardcase, antigores, gantungan kunci, tas, sepatu, topi) di toko online A. Apabila ada yang tertarik dengan barang yang tadi kita upload, maka dengan segera kita langsung "memesankan" barang tersebut di toko online B.

    Ngerti ga ? Kalau kurang ngerti, googling dulu aja sob.

    Kenapa harus jadi dropshipper dan apa untungnya? 
    Dengan menjadi dropshipper, persentase kita merugi itu kecil dan mungkin tidak ada. Karena kita tidak mengeluarkan modal di awal. Cukup mengupload foto barangnya aja. Kalau ada yang beli syukur, ngga ada ya gapapa; uang modal masih di tangan kok.

    Berbeda dengan reseller biasa yang harus membeli barangnya dulu, kemudian dijual. Kalau barangnya tidak laku, ya otomatis bakal rugi.

    Sebagai information tambahan, toko online yang cocok dan sangat disarankan untuk berbisnis dropship adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee.
  4. Menjual Jasa di Internet - Modal = Skill + PC/Laptop.
    Di meshing kita bisa menjual berbagai macam jasa. Tetapi, jasa yang paling populer dan paling banyak diminati adalah Jasa Desain dan Jasa Pembuatan Artikel.

    Agar lebih mudah dipahami, akan saya perjelas sedikit.

    Jasa Desain
    Untuk Desain sebetulnya ada banyak ragam jenisnya yang bisa dijadikan jasa. Tapi berdasarkan pengamatan saya, jasa desain yang paling laku adalah "jasa vector/vexel" dan "jasa pembuatan logo".
    (contoh karya Vector/Vexel art).
    Nah jika sobat kebetulan mempunyai keahlian dibidang desain dan mahir menggunakan photoshop, mungkin tidak ada salahnya untuk menjual jasa desain seperti ini ke khalayak ramai.

    Sobat bisa memulai mempromosikan jasa tersebut melalui jejaring sosial seperti Facebook.

    Jasa Menulis
    Jika sobat mempunyai keahlian khusus dalam dunia tulis menulis, terutama artikel, mungkin sobat bisa menjual artikel sobat tersebut kepada para Blogger. Soalnya banyak banget blogger yang membutuhkan artikel dalam jumlah banyak untuk dipublish di weblog mereka.

    Selain menjual tulisan, sobat juga bisa mendapatkan uang dari tulisan dengan cara "bergabung" menjadi penulis di portal berita seperti BaBe, UCNews, JalanTikus, dan lain-lain.

    Terlepas dari itu semua, sebetulnya masih banyak jasa yang bisa sobat jual di internet. Tetapi yang paling laku dan diminati ya two jasa itu tadi.

    Contoh jasa lain yang bisa dijual di meshing :
    1. Jasa SEO
    2. Jasa pembuatan aplikasi
    3. Jasa pembuatan website
    4. Jasa joki menaikan degree sebuah game
    5. dan lain-lain, tinggal menyesuaikan dengan keahlian yang sobat miliki saja!

    Jika sobat berminat ingin mencoba menjual jasa di internet, pastikan jasa yang dijual itu memang merupakan bidang yang sobat tekuni dan jalani. Ga mungkin kan sobat hobi menggambar tapi malah menjual jasa menulis artikel :3
  5. Jualan Pulsa - Modal = minimal fifty ribu + smartphone.
    Dari keempat ide bisnis di atas, hanya ide nomor five yang dikerjakan di dunia nyata.

    Jika sobat kebetulan mempunyai banyak teman dan kenalan, mungkin tidak ada salahnya untuk menjajal usaha berjualan pulsa.

    Kenapa harus jualan pulsa ? 
    Secara logika saja sob. Sekarang ini hampir semua orang (termasuk teman sobat) menggunakan smartphone android. Tentunya mereka membutuhkan pulsa untuk membeli paket information agar bisa internetan.

    Nah, apabila teman-teman sobat tau kalau sobat menjual pulsa, pastinya mereka akan lebih memilih untuk membeli pulsa pada sobat daripada di konter. Jika beruntung, teman-teman sobat akan mengajak teman yang lain untuk membeli pulsanya pada sobat.

    Selain itu, keuntungan kita memilih usaha berjualan pulsa adalah karena usaha ini sangat user friendly, tidak membutuhkan peralatan yang ribet; cukup menggunakan smartphone android, kitapun sudah bisa berjualan pulsa di kampus atau di manapun.

Nah itulah beberapa ide bisnis atau usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa. Apabila ada ide usaha lain yang ingin sobat sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah.

Penutup : 

Semua ide usaha di atas akan mendapatkan hasil yang memuaskan apabila dilakukan dengan serius dan konsisten.

Pastikan untuk memilih jenis usaha sampingan yang memang benar-benar sesuai dengan keadaan, minat dan bakat sobat. Agar nantinya sobat tidak berhenti di tengah jalan karena merasa "bosan".

Comments

Popular posts from this blog

Update, Download 10+ Peel Bussid / Jitney Simulator Indonesia Keren

Update, Cara Membuat Desain Stempel Dengan Corel Depict Untuk Pemula

Update, Kode Warna Html Lengkap Sum Color