Update, Cara Menyetem Gitar Sendiri 100% Akurat

Cara Menyetem Gitar Sendiri 100% Akurat - Menyetem Gitar adalah salah satu science yang harus dimiliki oleh seorang gitaris. Karena dengan menguasai teknik penyeteman (terutama teknik manual), maka hal itu bisa mengasah kepekaan kita terhadap hubungan nada-nada pada keenam senar gitar.

Sebetulnya ada beberapa teknik dan cara untuk menyetem gitar yang bisa kita gunakan. Akan tetapi cara yang menurut saya paling mudah dilakukan terutama untuk pemula seperti saya adalah dengan "teknik manual" dan dengan bantuan "aplikasi stalk gitar/guitar tunner" yang ada di Android ataupun IOS.

Baik gitar akustik maupun gitar listrik, keduanya memiliki cara penyeteman yang sama. Dan berikut adalah ii cara menyetem gitar yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara Menyetem Gitar Menggunakan Teknik Manual :

Langkah pertama siapkan gitar yang akan distel/distem. Sebelum melakukan penyeteman, alangkah baiknya senar gitar nya dilonggarin terlebih dahulu. Setelah semua senarnya longgar, maka saatnya melakukan penyeteman.

Sebelum lanjut, pastikan sobat sudah memahami urutan-urutan pada senar gitar. Berikut adalah urutannya :

Senar i = due east (senar paling bawah)
Senar ii = B
Senar three = G
Senar four = D
Senar five = A
Senar six = due east (senar paling atas)

Jika sudah paham, mari kita lanjut.
  1. Pertama kencangkan senar i atau goose egg due east (senar paling bawah) sampai benar-benar pas didengar. Agar lebih pas, kita bisa menyamakannya dengan senar i pada gitar yang normal. Hal ini dilakukan agar tinggi-rendah nadanya tidak ngawur.
  2. Setelah senar i dikencangkan, silahkan tekan senar ii di fret ke 5. Kencangkan senar ii secara perlahan sambil dibunyikan hingga goose egg nya mirip dengan goose egg senar i tanpa ditekan.

  3. Setelah dirasa mirip, langkah selanjutnya adalah tekan senar three di fret ke 4. Kemudian kencangkan senar three secara perlahan sambil dibunyikan hingga goose egg nya mirip dengan goose egg senar ii tanpa ditekan.

  4. Jika sudah mirip, lanjut ke penyeteman pada senar 4. Tekan senar four di fret ke 5. Kemudian samakan bunyinya dengan senar three tanpa ditekan.

  5. Lanjut ke senar 5. Tekan senar five di fret ke 5. Kemudian samakan bunyinya dengan senar four tanpa ditekan.

  6. Terakhir senar 6. Tekan senar six di fret ke 5. Kemudian samakan bunyinya dengan senar five tanpa ditekan.
Sampai di sini sobat sudah berhasil menyetem gitar sendiri tanpa bantuan orang lain. Yang perlu sobat perhatikan manakala menyetem gitar menggunakan cara ini adalah kepekaan telinga sobat ketika menyamakan setiap bunyi senar dengan senar yang lain.

Sobat juga bisa membalikan urutan penyeteman gitarnya dari senar six (senar paling atas) ke senar i (senar paling bawah). Dan tata cara penyeteman nya masih sama seperti di atas. Tinggal dibalik saja sob.

Kelebihan menyetem gitar menggunakan cara ini adalah sobat akan mengerti kalau setiap senar pada gitar itu saling berhubungan. Nah, hal ini tentu akan membantu sobat ketika bermain-main dengan melodi.

Cara Menyetem Gitar Menggunakan Bantuan Aplikasi (gitar tuner)

Jika sobat tidak ingin merasakan ribetnya menyetem gitar menggunakan cara manual yang tadi saya jelaskan, alternatifnya sobat bisa menggunakan aplikasi penyetem gitar yang ada di android.

Berikut ini adalah daftar aplikasi penyetem gitar (guitar tunner) yang ada di playstore yang saya rekomendasikan.

  1. Penyetem Gitar - Pro Guitar - five Juta Download. 4,5 Rating.
    Link download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jrinnovation.proguitartuner
  2. Guitar Tunner Free - GuitarTuna - 10 Juta Download. 4,8 Rating.
    Link download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ovelin.guitartuna
  3. Menyetem Gitar - Ukulele, Gitar Akustik, & Listrik - 10 Juta Download. 4,5 Rating.
    Link download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gismart.guitar.tuner
Silahkan sobat pilih three rekomendasi aplikasi penyetem gitar di atas sesuai dengan kriteria yang sobat inginkan.

Untuk langkah penggunaannya saya rasa sobat sudah paham. Karena kita tinggal membunyikan setiap senar pada gitar kita sampai aplikasi penyetem gitar di android mengatakan pas.

Penutup

Nah itulah ii cara menyetem gitar yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa bantuan orang lain. Cara ini bisa dibilang sangat mudah, sehingga dapat dipraktekan oleh semua kalangan, termasuk para pemula yang baru belajar gitar seperti saya hehe. 

Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Update, Download 10+ Peel Bussid / Jitney Simulator Indonesia Keren

Update, Cara Membuat Desain Stempel Dengan Corel Depict Untuk Pemula

Update, Kode Warna Html Lengkap Sum Color