Update, Cara Membuat Survey Online Costless Menggunakan Google Form

Cara Membuat Formulir Online Menggunakan Google Form - Belum lama ini saya diberikan sebuah tautan yang berisi survey online dari sekolah. Survey tersebut dibuat dengan maksud untuk mengetahui jumlah siswa yang lanjut kuliah atau bekerja.

Setelah saya klik tautannya, ternyata survey tersebut dibuat dengan menggunakan google shape / google docs. Bagi yang belum tau, google shape adalah sebuah produk dari google yang memberikan kemudahan dalam pembuatan formulir atau survey di internet.

Setelah itu sayapun penasaran ingin mencoba sendiri membuat survey/kuesioner online melalui google form. Saya membuat survei tentang pengguna game online di Indonesia, terutama game yang dimainkannya.

Bagi yang ingin melihat contoh survey online google shape yang telah saya buat, silahkan menuju tautan ini https://goo.gl/forms/Iba6VfnYfWfHlLIc2.
Membuat survey online seperti itu ternyata tidaklah terlalu sulit sob. Kita cukup membuat beberapa shape pertanyaan, dan jadi deh.

Selain membuat survey online, Google Form juga bisa kita manfaatkan untuk membuat sebuah formulir pendaftaran online.

Jika sobat kebetulan akan mengadakan sebuah acara seminar atau mungkin run across as well as greet berbayar, mungkin tidak ada salahnya jika sobat membuat formulir pendaftarannya menggunakan google shape ini.

Kelebihan Menggunakan Google Form :

Setidaknya ada beberapa kelebihan jika kita memilih menggunakan aplikasi google form, di antaranya adalah.

  1. Mudah digunakan.
  2. Data-data survei hanya kita yang tau.
  3. Data survei bisa dilihat dengan mudah. 
  4. Gratis.
  5. Banyak yang menggunakan.

Cara Membuat Survey Online Menggunakan google Form : 

Bagi sobat yang belum tau bagaimana cara membuat formulir online menggunakan google form, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa sobat praktekan.
  1. Langkah pertama pastikan sobat telah login ke akun google milik sobat.

  2. Setelah itu buka tautan https://docs.google.com/forms.
  3. Selanjutnya pilih template yang sobat inginkan. Atau sobat bisa menggunakan template standar dengan memilih tulisan Kosong.

  4. Pada tahap ini sobat bisa memasukan daftar pertanyaan yang akan sobat ajukan di survey yang akan sobat buat. Sebelum memasukan daftar pertanyaan, silahkan buat judul dan deskripsinya terlebih dahulu.

  5. Jika judul dan deskripnya sudah diisi, langkah selanjutnya adalah membuat beberapa pertanyaan. Silahkan sobat tulis pertanyaan apa yang ingin diajukan.


  6. Jika sobat ingin mengubah tipe jawabannya menjadi Pilihan Ganda, klik tulisan Jawaban Singkat.
    Lalu pilih tipe jawabannya.
  7. Jika pertanyaan kesatu selesai dibuat, selanjutnya adalah membuat pertanyaan kedua. Klik tanda + untuk menambah pertanyaan.

  8. Ulangi langkah nomor v sampai 7. Dan begitu seterusnya sampai dirasa cukup.
  9. Jika sudah selesai klik tulisan Kirim.

  10. Klik icon link dan centang tulisan Perpendek URL

  11. Selesai!
  12. Untuk melihatan jawaban dari survey yang kita buat, caranya buka tautan https://docs.google.com/forms. Dan pilih formulir yang akan dilihat jawabannya.

  13. Klik carte du jour TANGGAPAN


Sekarang sobat telah berhasil membuat survey online menggunakan google form. Selanjutnya adalah silahkan beritahu orang lain untuk mengisi survey yang barusan sobat buat.

Penutup

Kurang lebih seperti itulah langkah-langkah untuk membuat survey online menggunakan google form. Sebetulnya ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat suvey seperti ini.

Kenapa saya memilih Google Form ? Selain karena banyak yang menggunakan, google shape ini adalah produk milik gogle, jadi otomatis information surveinya akan aman tidak akan ada yang tau, kecuali kita sendiri yang memberitahukan datanya ke orang lain. Dan yang terpenting adalah google shape ini Gratis :)

Mudah-mudahan apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Update, Download 10+ Peel Bussid / Jitney Simulator Indonesia Keren

Update, Cara Membuat Desain Stempel Dengan Corel Depict Untuk Pemula

Update, Kode Warna Html Lengkap Sum Color